Sunday, July 10, 2011

Menghitung Umur Siswa

Awal tahun ajaran adalah saat yang sibuk untuk para guru, terutama yang diberi tugas sebagai panitia penerimaan peserta didik baru. Menghitung umur siswa sangat penting dilakukan, terutama oleh panitia penerimaan peserta didik baru tingkat dasar, di mana ada batasan umur minimal seorang calon peserta didik diterima oleh sekolah. Untuk menghitung umur siswa Anda dapat melakukannya dengan mudah, efektif, efisien dan otomatis di MS Excel. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Buatlah kolom-kolom data sesuai kebutuhan. Tanggal lahir harus dibuat dalam satu kolom, tidak boleh tercampur dengan tempat yang biasa dibuat dalam format data kita.
  • Buatlah kolom umur di sebelah kolom tanggal lahir.
  • Di bawah tulisan umur, ketikkan rumus berikut: =DATEDIF(TanggalLahir;TODAY();"Y")
  • Kopi rumus tersebut, lalu pastekan pada baris-baris di bawahnya sesuai data yang tersedia. Bila kolom tanggal masih kosong, maka di kolom umur akan muncul angka 111, hal tersebut karena excel membaca kolom tanggal yang kosong tersebut sebagai tahun 1904. Jadi kolom tanggal tidak boleh dikosongkan.
Format jadinya sebagaimana di bawah ini, Anda dapat mencobanya langsung dengan mengetikkan tangal lahir pada kolom tanggal lahir, angka 111 pada kolom umur akan berubah sesuai umur tanggal tersebut.
Catatan: Untuk mencoba file hitung umur di bawah ini, anda harus mengklik tulisan "Click to edit" yang ada di sebelah atas.
Semoga bermanfaat dan membantu.